Asep Aripin Hidup itu tidak selalu indah dan mudah, terkadang sulit dan pahit. Jadilah pribadi yang kuat dan sehat, berjuanglah untuk dirimu sendiri dan juga anak istri.

Printer Tidak Sengaja Jatuh: Hasil Cetak Printer Epson Berantakan

1 min read

printer l3210 error

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman konyol yang menyebabkan Printer Epson L3210 saya error hasil printernya. Kejadian ini bermula ketika saya habis merakit PC baru untuk keperluan kerja, karena meja penuh, jadi salah satu cara adalah memindahkan Printer ke bawah meja.

Salahnya saya adalah tidak menaruh printer langsung di lantai, melainkan menjadikan kursi kecil yang biasa saya jadikan sandaran kaki ketika berlama-lama di depan komputer. Naas, tanpa sengaja printer ke tendang pada saat ingin menyandarkan kaki. Pada saat itu kebetulan saya sedang ada tugas ngeprint dari Pak Kadus (Kepala Dusun).

Kaget banget ketika melihat hasil print yang berantakan, banyak tulisan yang hilang dan posisi teks tidak pada tempatnya. Sempat bingung juga karena bahan yang saya print akan digunakan pada saat itu untuk keperluan rapat.

Alhamdulillah nya dengan cara ini saya bisa mengembalikan hasil printer yang rusak, berikut adalah caranya:

Melakukan Nozzle Check dan Clean Head

Hal pertama yang saya lakukan adalah dengan melakukan Nozzle check, caranya sangat mudah.

Menggunakan Tombol

Untuk menggunakan cara ini anda cukup matikan dahulu printer Epson nya, lalu klok tombol ini dan ini secara bersamaan. Tunggu beberapa detik hingga printer mulai melakukan proses cetak kertas.

cara nozzle check printer epson

Menggunakan Software

Setiap printer sudah dilengkapi dengan software bawaan, baik menggunakan PC maupun laptop. Cara ini tidak perlu anda mematikan komputer terlebih dahulu, bagi pengguna windows 10 dan 11 mungkin bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke menu pencarian, lalu ketik Printers & scanners
  • Klik nama printer anda, disini saya menggunakan Epson L3120
  • Pilih Printing preferences
  • Masuk ke menu Maintenances
  • Pilih menu Print Head Nozzle Check, klik pada bagian logo nya
  • Akan muncul pesan dialog, silahkan klik Print
  • Tunggu beberapa detik, proses Nozzle sedang berlangsung
  • Apabila hasilnya bagus, tidak ada garis putus silahkan klik Finish
  • Namun, apabila terdapat banyak garis putus-putus bisa langsung klik Clean
  • Proses Clean ini lebih lama, setelah selesai anda bisa melakukan Nozzle Check lagi, apabila masih ada garis putus-putus silahkan clean ulang sampai hasilnya sempurna.

Meskipun cara pertama terlihat lebih sederhana, namun kita tidak bisa langsung melakukan proses clean head printer epson. Ujung-ujungnya kita harus masuk juga ke cara ke 2. Disini saya menggunakan cara kedua, proses clean head yang saya lakukan sampai hasil nozzle check bagus itu 2x pengulangan. Namun, setiap orang mungkin punya pengalaman yang berbeda-beda.

Melakukan Clean Head Langsung

Ketika hasil print anda tidak bagus, anda juga bisa langsung melakukan Clean Head tanpa harus membuang waktu dan kertas untuk melakukan Nozzle Check, untuk caranya sendiri sama dengan cara cek nozzle diatas, bedanya disini anda langsung memilih menu Clean Head, maka printer akan melakukan proses clean head selama beberapa waktu.

Tapi memang cek Nozzle itu diperlukan untuk lebih meyakinkan kalau hasil print sudah normal, tidak ada masalah lagi dengan tinta. Karena ketika hasil nozzle sudah tidak ditemukan garis putus putus, baik tinta hitam ataupun warna, kemungkinan printer epson kamu sudah normal.

Kesimpulan

Akhir kata sih mohon maaf apabila ada kesalah informasi yang saya sampaikan terkait memperbaiki hasil printer yang berantakan diatas, tapi ini murni pengalaman pribadi saya, dan cara diatas menjadi solusi terbaik mengembalikan printer epson l3120 saya yang bermasalah.

Ini juga saya jadikan pengingat untuk saya pribadi, apabila di kemudian hari mengalami masalah serupa.

Asep Aripin Hidup itu tidak selalu indah dan mudah, terkadang sulit dan pahit. Jadilah pribadi yang kuat dan sehat, berjuanglah untuk dirimu sendiri dan juga anak istri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!